top of page
Search
  • shanksaphilip

APLIKASI POS DENGAN CODE IGNITER

Membuat aplikasi kasir untuk kebutuhan UTS PBKK



Pada Kali ini kita akan Membahas sebuah aplikasi POS , aplikasi POS atau Point of Sales adalah aplikasi yang membantu sebuah kasir untuk melakukan pencatatan terhadap penjualan. Dimana terdapat catatan pembayaran yang lebih mudah dan membantu pengembangan bisnis yang memiliki banyak cabang sehingga data bisnis lebih terintegrasi.


Fitur Fitur yang terdapat dalam sistem POS ini biasanya adalah CRUD dalam pengaturan data transaksi dan barang sehingga tumpuan database dari POS adalah tabel transaksi dan barang.


Adapun fitur fitur yang terdapat dalam aplikasi pos ini adalah


  1. Dashboard


Pada Halaman dashboard Terdapat Beberapa fitur dasar yakni melihat total barang terjual, jumlah produk, jumlah transaksi yang terjadi dan berapa total pembeli. Untuk mendapat kan data nya kita harus terhubung dengan data base. Pertama tama kita harus mengatur model pada code.


Diatas merupakan code pada model dashboard untuk mengambil data nama kategori dan nilai nilai fitur utama dash board


2. CRUD Data barang


Pada halaman data barang terdapat perbedaan antara pemakai biasa dan admin. Diuser kita hanya akan melihat kumpulan data barang yang bisa dibeli.


Disini kita dapat melihat nama barang , kategori, ataupun melakukan searching.

Namun pada Admin kita memiliki akses untuk melakukan CRUD. CRUD adalah create,read,update,delete dimana adalah hak akses untuk melakukan perubahan terhadap data barang.



Untuk data baran gadmin maka kita dapat melihat tambah data, edit dan delete.

untuk melakukan tambah data. Kita ditampilkan halaman baru untuk menginput nama barang kategori dan harga.

Pada halaman edit kita akan menemukan halaman baru untuk melakukan perubahan data barang yang kita klik dari halaman data barang , disini kita dapat mengedit nama barang kategori dan harga.

Fitur yang terakhir dari data barang adalah melakukan hapus pada data barang tersebut. Untuk dapat melakukan ini maka kita harus membuat fungsi baru pada controller data barang agar dapat melakukan penyimpanan data ke database.

Disini kita menambahkan fungsi tambah data, edit barang dan hapus barang.


3. Transaksi

Ditransaksi kita dapat melakukan pembelian.


Di transaksi kita akan melakukan pembelian disinilah kita akan memasukan barang dan jumlah. disini kita bisa melakukan hapus terhadap barang yang dipilih dan melihat total dan harga dari barang yang kita pilih.



4. Login

Pada POS ini kita juga dapat melakukan login yang diutamakan pada penyimpanan data pembelian dari pembeli maupun hak akses admin yang dapat melakukan perubahan terhadap nilai.


Link untuk Website nya adalah

Demikian lah untuk post ini sekian dan terimakasih.

SourceCode :





82 views0 comments

Recent Posts

See All

PROJECT CHARTER DOCUMENT

Philip Antoni Siahaan MPPL 2020 Project Charter Document Project Name : Pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk BPPPPD Kab. Gresik Company : Badan Perencanaan Pe

bottom of page